Faktor IMK

1.Rekayasa perangkat lunak (software engineering) bisa didefinisikan sebagia berikut : Instruksi-instruksi yang bila diksekusi akan memberikan fungsi dan kerja yang diinginkan, atau struktur data yang memungkinkan suatu program memanipulasi informasi secara proposional. Faktor rekayasa perangkat lunak merupakan suatu faktor yang bisa bisa menciptakan suatu program yang efektif, efisien, serta user friendly sehingga darinya dapat dihasilkan suatu mesin yang betul-betul diinginkan oleh user.

2.Faktor Kecerdasan Buatan Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan suatu bagian ilmu yang bertujuan agar komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia serta menggabungkan cara berpikir manusia dengan mesin, untuk mengambil keputusan, memecahkan masalah dan pembelajaran. Faktor ini mempunyai peran yang sangat penting dalam pengembangan HCI untuk masa yang akan datang, dimana diharapkan akan tercipta suatu sistem yang betul-betul andal, canggih dan menyerupai pola pikir manusia.

3.Faktor Linguistik Komputasional Peran bahasa yang digunakan sebagai antarmuka sangatlah penting agar user lebih menggunakan sistem itu dan tidak terjadi kesalahpahaman didalam menggunakanny. Dibutuhkan suatu komposisi bahasa yang sangat baik, yang dapat dengan mudah dimengerti oleh user.

4.Faktor Psikologi Pemahaman akan psokologi orang yang akan menggunakan software sangatlah dibutuhkan dalam interaksi manusia dan komputer mengingat setiap user memiliki sifat dan kelakuan yang berbeda. Faktor psikologi juga mencakup pengetahuan dan keahlian pengguna didalam mempersepsikan dan memecahkan masalah (problem solving).

5.Faktor Multimedia Konteks multimedia digunakan sebagai sarana dialog yang sangat efektif antara manusia dan komputer. Saat ini multimedia berpengaruh besar dalam interaksi manusia dan komputer. Dengan konteks multimedia, tampilan dari suat interaksi akan menjadi lebih menarik dan lebih mudah dimengerti oleh pengguna.

6.Faktor Antropologi Faktor antropologi memberikan gambaran tentang cara kerja kelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai bidang masing-masing. Faktor ini juga memberikan pandangan mendalam tentang cara kerja dari setiap kelompok karyawan yang ada dalam perusahaan dimana terjadi komunikasi antara manusia dan peralatan yang mereka gunakan.

7.Faktor Ergonomik Ergonomik berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Karena manusia yang bekerja didepan komputer biasanya menghabiskan waktu yang cukup lama maka letak meja, kursi, monitor, keyboard, mouse, dan berbagai aspek lain akan sangat berpengaruh terhadap interaksi manusia dengan komputer yang digunakannya.

8.Faktor Sosiologi Pada interaksi manusia dan komputer, sosiologi berhubungan dengan pengaruh sistem komputer dalam struktur sosial. Pada intinya faktor ini merupakan konteks dari suatu interaksi.




SITI MUJANAH
212141077
FAKULTAS KOMPUTER
UNIVERSITAS MH.THAMRIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar