Artikel IMK
1.Pengertian Interaksi Manusia Dan Komputer
Interaksi manusia dan komputer (bahasa Inggris: human–computer interaction, HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antaramanusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasiantarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.
Sistem harus sesuai dengan kebutuhan manusia dan dirancang berorientasi kepada manusia sebagai pemakai.
Tujuan utama IMK ialah untuk:
• Membuat sistem yang lebih dapat:
1.Berguna (usable).
2.Fungsional.
3.Aman.
4.Produktif.
5.Efektif.
6.Efisien.
•Meningkatkan interaksi antara manusia dengan sistem komputer :
Sistem yang bermanfaat (usable) serta aman (safe), ialah sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa juga untuk mengembangkan serta meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) serta efisiensinya (eficiency).
Para perancang antarmuka manusia serta komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab serta ramah dengan penggunanya (user friendly).
2. USER FRIENDLY
User Friendly adalah peranti yang secara tampilan menarik dan sederhana serta penggunaannya mudah (User Friendly).Istilah mudah ini mungkin dapat memiliki suatu arti negatif,dimana secara tidak langsung dapat dartikan bahwa apikasi ini telah dibuat dengan begitu sederhana sehingga semua orang dapat menggunakannya. Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly).
• Sebagai contoh, misalnya sebuah komputer lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang pengguna yang menggunakan. Atau keyboard yang digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu.
karakteristik user friendly
1.Dapat dengan mudah di gunakan pengguna
2.Mempunyai tampilan yang menarik
3.Tidak membingungkan
4.Memberikan informasi yang di butuhkan pengguna
Sumber :Dokumen.tips
3.FAKTOR MANUSIA
Sistem komputer terdiri atas 3 (tiga) aspek yaitu:
1. Aspek Perangkat Keras (Hardware). Serangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat keras komputer yang digunakan untuk membantu proses kerja manusia (brainware).Contoh: CPU, Monitor, Keyboard, Harddisk, Disk Drive, dll
2.Aspek Perangkat Lunak (Software). Serangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat lunak program komputer yang digunakan untuk membantu proses kerja manusia (brainware). Contoh: Microsoft Office
3.Aspek Manusia (Brainware). Tenaga pelaksana yang menjalankan serta mengawasi pengoperasian sistem unit komputer didalam proses pengolahan data untuk menghasilkan suatu informasi yang tepat waktu, tepat guna dan akurat. Contoh: Sistem Analis, Programmer, Operator, Technical Support.
Faktor manusia (brainware) dalam merancang antarmuka adalah:
A.Penglihatan
Luminas –> Banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan obyek.
Kontras –> Hubungan antara cahaya yang dikeluarkan oleh suatu obyek dan cahaya dari latar belakang obyek.
Kecerahan
Sudut dan ketajaman penglihatan –> Sudut penglihatan minimum ketika mata masih dapat melihat sebuah obyek dengan jelas.
Medan Penglihatan –> Sudut yang berhadapan oleh obyek pada mata.
Warna –> Keselarasan penggunaan warna
B.Pendengaran
Kebanyakan manusia mendeteksi suara dalam frekuensi 20 Hertz-20 KHertz
Manusia juga mendengar suara antara 50 dB(decible)-70 DB
Telinga manusia akan rusak mendengar lebih dari 140 dB.
Manusia tidak mendengar frekuensi kurang dari 20 dB.
C.Sentuhan
Sentuhan merupakan sarana manusia untuk berinteraksi.
Sebagai contoh dalam penggunaan papan ketik (Keyboard) atau tombol, maka manusia akan lebih nyaman apabila tombol atau keyboard tidak berat proses penekanannya.
E.Permodelan Sistem Pengolahan
Model sistem pengolahan manusia terdiri dari pengolahan perseptual, pengolahan intelektual dan pengendalian motorik yang berinteraksi dengan memori manusia.
Model sistem komputer terdiri dari pengolah (Processor) dan memori. Interaksi keduanya melalui bus.
Pengendalian Motorik
Pengendalian motorik pada manusia dapat dilatih untuk mencapai taraf tertentu seperti mengetik 10 jari untuk kecepatan 1000 huruf per menit.
Sumber :moleen.wordpress.com
SITI MUJANAH
212141077
FAKULTAS KOMPUTER
UNIVERSITAS MH.THAMRIN
Langganan:
Postingan (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar